Khasiat dan Manfaat Madu


Gambar : Khasiat dan Manfaat Madu


Madu sudah digunakan manusia sejak berabad-abad yang lalu. Pada zaman Mesir kuno, madu sudah menjadi barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Bahkan pada masa itu, masyarakat Mesir menghargai madu dengan harga yang tinggi sekali bahkan menyamai harga mata uang yang langka. Sampai saat ini madu adalah salah satu makanan kesehatan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bagi saya dan keluarga madu sangatlah penting apalagi ketika kita sudah mengetahui khasiat dan manfaat madu yang bisa kita dapatkan, makanya madu selalu tersedia dirumah.


Sejarah Madu dan Lebah

Sejarah Madu 

 

Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah madu (genus Apis ), yang berasal dari ektar bunga dan terasa manis. Rasa manis madu lebih manis ketimbang gula. Hal itu disebabkan karena adanya fruktosa ( gula buah ), glukosa, dan sakarosa. Selain itu, madu memiliki aroma yang khas yang membuat orang menyukai madu. Madu dikenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu. salah satu bukti telah dikenalnya madu dalam kehidupan kuno adalah madu digunakan untuk pengawetan mayat pada zaman mesir kuno dan ditemukan dalam papyrus.

Berbeda dengan gula biasa yang terdapat dalam permen atau gula yang dapat merusak gigi (carries) yang diakibatkan oleh tumbuhnya bakteri pembusuk yang disebut bakteri asam laktat, madu mengandung antibiotika. Meskipun pH-nya rendah, tetapi karena kandungan mineralnya tinggi mempunyai potensi bersifat basa, dan karenanya dapat berfungsi sebagai desinfeksi terhadap rongga mulut. Nenek moyang kita sering menganjurkan berkumur madu encer (± 15%) untuk menyembuhkan radang rongga mulut.

Dari hasil berbagai penelitian menyatakan bahwa daya antibakteri madu tidak ada sangkut pautnya dengan kadar gula tinggi maupun rendahnya kadar air, tetapi oleh adanya suatu senyawa sejenis lysozyme yang memiliki daya antibakteri. Senyawa tersebut lebih popular dengan nama inhibine. Bakteri gram negatif lebih peka terhadap inhibine daripada gram positif. Inhibine sangat peka terhadap panas. Pada suhu 600C keaktifan inhibine dalam madu hilang hanya dalam waktu 15 menit.


Sejarah Lebah

Lebah madu adalah salah satu jenis serangga dari sekitar 20.000 spesies lebah. Saat ini ada sekitar tujuh spesies lebah madu yang dikenal dengan sekitar 44 subspesies. Semua spesies ini termasuk dalam genus Apis. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari lilin, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.

Al Qur’an juga menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (lebah Madu). dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69 tertulis: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.
Dari sejarah madu dan lebah kita akan segera mengetahui khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan tubuh kita baik dari janin hingga orang tua.


Khasiat dan Manfaat Madu

1.      Janin : Madu dapat memperkuat janin yang lemah dalam kandungan ( rahim ).
2.  Ibu Hamil : Madu membantu menjaga stamina dan kesehatan selama mengandung bayi, dan membantu asupan gizi yang tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan.
3.     Bayi : Membantu perkembangan otak bayi, karena setiap harinya otak terus berkembang sampai dengan usia 5 tahun. Untuk itu ia membutuhkan gizi yang tinggi. Pertumbuhan dan perkembangan otak sangat terkait dengan kecerdasan pikiran (IQ ) dan kecerdasan mental ( EQ ) . Hal ini dapat dilihat dewasa ini aneka produk makanan tambahan baik susu atau bubur bayi yang di formulasikan dengan madu
4.      Anak-anak : membantu agar nafsu makan meningkat ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), sehingga anak tumbuh sehat , lincah dan riang serta tahan penyakit
5.     Remaja : Khasiat madu pada akil baligh remaja membuat tumbuh sangat cepat ,gizi yang baik dan teratur akan membuat pertumbuhan tubuh menjadi sempurna.
6.   Dewasa : Tingkat kelelahan dan pekerjaan yang menumpuk mengakibatkan stres sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit . Dalam hal ini para pekerja pabrik yang bekerja keras seharian penuh ( long shift ) tanpa zat gizi yang memadai rawan terjangkiti penyakit seperti thypus , radang , serta infeksi bakteri lainnya maka dalam hal ini Madu adalah makanan tambahan terbaik.
7.   Lanjut Usia : Madu adalah makanan terbaik yang sangat diperlukan bagi manula , karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh , dimana pada usia tersebut organ pencernaan kita sudah mulai berkurang fungsinya 

Selain khasiat dan manfaat madu diatas masih ada lagi manfaat madu baik untuk kesehatan maupun kecantikan


Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jauh sebelum ilmu kedokteran maju seperti sekarang, madu telah dipercaya sebagai salah satu obat mujarab untuk segala macam penyakit. Selain itu, madu juga dipercaya sebagai bahan utama untuk perawatan kecantikan. Namun demikian, tidak semua orang tahu akan manfaat dan khasiat madu, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Oleh karena itu, perkenankan kami memberikan sedikit informasi tentang manfaat madu pada kesempatan kali ini.

1. Manfaat Madu Untuk Kesehatan
- Menjaga kesehatan mata
- Untuk mengobati luka
- Memperkuat sel darah putih
- Menambah kesuburan suami istri
- Penambah tenaga / stamina
- Menstabilkan
tekanan darah
- Mengobati anemia
- Mengobati alergi
- Mencegah osteoporosis
- Mencegah infeksi pada luka
- Mengatasi gangguan
pernafasan
- Mengatasi sembelit
- Menghilangkan gejala penyakit asma
- Mengatasi gangguan jantung
- Mengatasi radang tenggorokan
- Meningkatkan gairah se-ks
- Dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat lainnya…

Untuk mengkonsumsinya, dewasa 2 x 1 sendok makan pagi-sore. Sementara untuk anak-anak, 2 x 1/2 sendok makan pagi-sore.
Catatan: Jika sudah terbiasa, bisa diminum 3 x sehari.

2. Manfaat Madu Untuk Kecantikan
- Mengencangkan wajah (Sebagai masker)
- Menghilangkan bekas
jerawat (Dioleskan pada bekas jerawat)
- Sebagai conditioner
rambut
- Mengangkat kulit mati (dioleskan)
- Melembutkan dan melembabkan
bibir

Inilah sedikit khasiat dan manfaat madu yang dapat saya bagikan dengan temen-temen sekalian, yang saya peroleh dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi saya.khasiat dan manfaat madu diatas akan benar-benar terasa jika yang digunakan adalah madu asli. Jika madunya palsu atau campuran, tentu hasilnya akan sangat jauh berbeda. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya.

2 komentar:

  1. jika anda berminat membeli hubungi saya
    Dengan kandungan ALKALOID Tinggi ( anti infeksi) dam ANTIBIOTIK alaminya, menjadikan Madu Pahit Super sebagai alternatif PERTAMA yang TERBAIK untuk membantu memPERCEPAT proses penyembuhan penyakit KRONIS. Insya Allah
    Madu Pahit Sangat aman dan dianjurkan terutama bagi penderita DIABETES MELITUS dalam membantu menormalkan gula darah tinggi, karena kadar GLUKOSA-nya yang RENDAH.
    Madu Pahit Super Al-Mahaz
    BERKHASIAT dan BERMANFAAT untuk :
    1.Meningkatkan kekebalan tubuh
    2.Perawatan & pengobatan penyakit Diabetes mellitus.
    3.Mengatasi masalah masuk angin
    4.Pengobatan pada berbagai alergi
    5.Diet alami / Over Weight
    6.Membantu proses detoxifikasi
    7.Menambah stamina & Vitalitas
    8.Perawatan Keluhan Organ Ginjal
    9.Pengobatan & Perawatan Stroke
    10.Pengobatan penyakit Jantung
    11.Mengatasi masalah pencernaan
    12.Mengobati darah tinggi & rendah
    13.Pengobatan pada Lemah Syahwat
    14.Memperkuat kerja Liver / hati
    15.Mengobati masalah mata
    16.Membantu mengatasi keluhan : Asma, Batuk, Sakit tenggorokan, Paru-paru, Mengobati luka, Reumatik, Bau badan, Trigliserid, Kolesterol, Kualitas Tidur, Mengurangi dengkuran saat Tidur, dan lain-lain.

    jika anda berminat bisa hubungi :
    085 795 266 203

    terimakasih

    BalasHapus
  2. makasih infonya kak.
    http://anomali-dunia.blogspot.com/2013/01/kumpulan-cerita-lucu-dewasa-serba-salah.html

    BalasHapus